PROGRAM TAHUNAN
Satuan
Pendidikan : SD Karya Dharma Bhakti 2
Palembang
Kelas : IV ( EMPAT )
Tahun
Pelajaran :
2015/2016
NO
|
TEMA
|
SUBTEMA
|
ALOKASI WAKTU
|
1
|
Indahnya
kebersamaan
|
1.1 Indahnya
kebersamaan
1.2 Keberagaman
Budaya bangsa
1.3 Bersyukur
atas keberagaman
|
90 JP
|
2
|
Selalu
Berhemat Energi
|
2.1 Macam-macam
sumber energi
2.2 Pemanfaatan
Energi
2.3 Gaya dan Gerak
|
90 JP
|
3
|
Peduli
Terhadap Makluk Hidup
|
3.1 Hewan dan
tumbuhan rumahku
3.2 Kebergaman
Makhluk hidup dilingkunagan
3.3 Ayo, Cintai Lingkungan
|
90 JP
|
4
|
Berbagai
Pekerjaan
|
4.1 Jenis-jenis
pekerjaan
4.2 Barang dan Jasa
4.3 Pekerjaan
orangtuaku
|
90 JP
|
5
|
Pahlawanan
|
5.1 Perjuangan Para
pahlawan
5.2 Pahlawanku
Kebanggaanku
5.3 Sikap
kepahlawananku
|
90 JP
|
6
|
Indahnya
Negeri
|
6.1 Keanekaragaman
hewan dan tumbuhan
6.2 keindahan Alam
Negeriku
6.3 Indahnya
Peninggalan Sejarah
|
90 JP
|
7
|
Cita-cita
ku
|
7.1 Aku dan
Cita-citaku
7.2 Hebatnya
cita-citaku
7.3 Giat Berusaha
meraih cita-cita
|
90 JP
|
8
|
Tempat
tinggal ku
|
8.1 lingkungan
tempat tinggalku
8.2 Keunikan daerah
tempat tinggalku
8.3 Aku bangga
dengan tempat tinggalku
|
90 JP
|
9
|
Makananku Sehat
dan Bergizi
|
9.1 Makananku sehat
dan bergizi
9.2 Manfaat makanan sehat
dan bergizi
9.3 Kebiasaan
Makanku
|
90JP
|
JUMLAH
|
|||
Mengetahui Palembang , 2015
Kepala Sekolah Sd KDB 2 Guru kelas IV
Marno, S.Pd.B Levi Angraini,S.Pd
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas / semester : 4 / 1
Tema / topik : Selalu Berhemat Energi / Pemanfaatan Energi
Pembelajaran :
1
Alokasi waktu : 1 hari
A.
KOMPETENSI INTI
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari – hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan
rumah, sekolah, dan masyarakat
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi,
dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan
pemanfaatannya oleh masyarakat
C.
INDIKATOR
PPKn
Melaksanakan perilaku sikap hemat energi.
Bahasa Indonesia
Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan
dengan energi panas dengan memperhatikan penulisan ... –kan dan penggunaan
kosakata baku.
IPA
• Mengidentifikasi
sumber dan perubahan energi dalam kegiatan – kegiatan yang ada dalam gambar
• Menyajikan laporan
hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas
D.
TUJUAN
•• Dengan mengamati
gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi dengan
benar.
•• Setelah melakukan
percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan benar.
•• Setelah melakukan
percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan
dengan energi panas dengan benar.
•• Dengan bercerita,
siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan berhemat dalam penggunaan
energi dengan mandiri dan benar.
E. MATERI
PPKn
Menuliskan contoh perilaku hemat energy dan sikap aman
dalam penggunaannya.
Bahasa Indonesia
Membuat laporan hasil percobaan.
IPA
- Mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi.
- Mengenal energi panas dan perubahan bentuk energinya melalui percobaan.
F. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Demonstrasi
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
1.
Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Mengajak berdinamikan dengan tepuk semangat.
4. Mengkomunikasikan kepada siswa tentang pembelajaran
hari ini yaitu Pemanfaatan Energi.
5. Bertanya jawab tentang tema pembelajaran hari ini.
Inti
1. Siswa secara
berpasangan mengamati gambar. Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara
detail dan cermat dengan tujuan tertentu (mengamati kegiatan yang dilakukan dan
sumber energinya).
2. Siswa menulis dan
mengomunikasikan hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas. Motivasi
siswa agar berani mengungkapkan pendapat tanpa harus ditunjuk guru. Ajak siswa
dari kelompok lain memberikan pendapat/komentar saat ada siswa lain telah
selesai mengomunikasikan hasil pengamatannya sehingga pemahaman siswa akan menjadi
lebih lengkap dan mendalam.
3. Siswa mengamati
gambar kegiatan dan menuliskan energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan
kegiatan itu.
4. Siswa melakukan
percobaan, mengamati, dan menuliskan hasil percobaan tentang energi panas pada
buku siswa. Untuk
melaksanakan pembelajaran ini, guru dapat membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok mengeluarkan peralatan yang dibawa dari rumah atau guru dapat memberikan peralatan tersebut kepada tiap kelompok. Ingatkan siswa untuk dapat berpikir kritis, kerja sama dan mematuhi aturan.
5. Siswa menuliskan
hasil percobaan yang telah dilakukan.
6. Guru dapat membantu siswa menemukan hal-hal yang perlu
diamati dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti: • Bagaimana penulisan kata, lambang bilangan, dan tanda baca yang
digunakan pada
laporan tersebut? • Bagaimana
merangkaikan antarkalimat dalam tiap paragrafnya? • Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah
kalimat? • Bagaimana
membuat kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca? Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan
adalah: • Ketepatan
penulisan huruf, kata, lambang bilangan, serta ketepatan penggunaan tanda baca. •Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan suatu maksud sesuai situasi dan kondisi. •Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau
perasaan penulis yang ingin disampaikan kepada pembacanya. • Kalimat yang baik harus mengandung subjek dan
predikat. • Adanya
keterpaduan antarparagraf.
7. Siswa mendiskusikan
hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
8. Siswa mendiskusikan
sikap apa saja yang harus ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan. Kegiatan
diskusi dapat dilakukan pada kelompok kecil dan hasil dari diskusi akan
dikomunikasikan di depan kelas dan siswa lain akan mengomentari.
9. Siswa menganalisis
gambar yang ada pada buku tentang sikap hemat energi.
10.
Siswa berdiskusi tentang cara aman
menggunakan alat-alat listrik dengan aman secara berkelompok.
11.
Siswa mengemukan pendapatnya pada kegiatan
diskusi kelas yang dibimbing guru. Saat kegiatan diskusi, guru memandu siswa
agar berani mengungkapkan pendapatnya dengan mengucapkan kata-kata pujian yang
membangun/positif bila ada siswa yang berani mengungkapkan pendapatnya. Apabila
siswa belum berani mengungkapkan pendapatnya, bisa dimulai dengan pendapat yang
diberikan oleh guru dan meminta siswa untuk melanjutkannya.
Penutup
1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar
selama sehari
2. bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi
3. melakukan penialaian hasil belajar
4. mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
·
Mengamati
sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya,
dan sebagainya)
·
Apabila
ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah
selesai kegiatan berdoa, langsung diberi nasihat agar besok kalau berdoa lebih
disempurnakan.
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri
anak
·
Lingkungan
sekolah
·
Buku
tematik kelas 4
·
Kertas,
benang, dan lilin.
I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar
dengan tes tulis dan lisan. (terlampir)
2. Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1) Penilaian kinerja
2) Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
1) Laporan hasil percobaan
2) Latihan
soal
Mengetahui, Guru
Kelas 4,A
Kepala
Sekolah
(Marno, S.Pd.B) (Levi Angraini, S.Pd.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar