Senin, 29 Februari 2016

Administrasi Kelas IV




PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan : SD Karya Dharma Bhakti 2 Palembang
Kelas                             : IV ( EMPAT )
Tahun Pelajaran       : 2015/2016


NO

TEMA
SUBTEMA
ALOKASI WAKTU
1
Indahnya kebersamaan
1.1 Indahnya kebersamaan
1.2 Keberagaman Budaya bangsa
1.3 Bersyukur atas keberagaman
90 JP
2
Selalu Berhemat Energi
2.1 Macam-macam sumber energi
2.2 Pemanfaatan Energi
2.3 Gaya dan Gerak
90 JP
3
Peduli Terhadap Makluk Hidup
3.1 Hewan dan tumbuhan rumahku
3.2 Kebergaman Makhluk hidup dilingkunagan
3.3 Ayo, Cintai Lingkungan
90 JP
4
Berbagai Pekerjaan
4.1 Jenis-jenis pekerjaan
4.2 Barang dan Jasa
4.3 Pekerjaan orangtuaku
90 JP
5
Pahlawanan
5.1 Perjuangan Para pahlawan
5.2 Pahlawanku Kebanggaanku
5.3 Sikap kepahlawananku
90 JP
6
Indahnya Negeri
6.1 Keanekaragaman hewan dan tumbuhan
6.2 keindahan Alam Negeriku
6.3 Indahnya Peninggalan Sejarah
90 JP
7
Cita-cita ku
7.1 Aku dan Cita-citaku
7.2 Hebatnya cita-citaku
7.3 Giat Berusaha meraih cita-cita
90 JP
8
Tempat tinggal ku
8.1 lingkungan tempat tinggalku
8.2 Keunikan daerah tempat tinggalku
8.3 Aku bangga dengan tempat tinggalku
90 JP
9
Makananku  Sehat  dan Bergizi
9.1 Makananku sehat dan bergizi
9.2 Manfaat makanan sehat dan bergizi
9.3 Kebiasaan Makanku
90JP

JUMLAH
810 JP






                      Mengetahui                                                                       Palembang ,     2015
           Kepala Sekolah Sd KDB 2                                                           Guru kelas IV                                            
                                                                                               


                 Marno, S.Pd.B                                                                         Levi Angraini,S.Pd





















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SEKOLAH DASAR
Kelas / semester         : 4 / 1
Tema / topik               : Selalu Berhemat Energi / Pemanfaatan Energi
Pembelajaran            : 1
Alokasi waktu            : 1 hari

A. KOMPETENSI INTI
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari – hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi,
dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat

C. INDIKATOR
PPKn
Melaksanakan perilaku sikap hemat energi.
Bahasa Indonesia
Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan memperhatikan penulisan ... –kan dan penggunaan kosakata baku.
IPA
• Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi dalam kegiatan – kegiatan yang ada dalam gambar
• Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas

D. TUJUAN
•• Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi dengan benar.
•• Setelah melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan benar.
•• Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan benar.
•• Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan berhemat dalam penggunaan energi dengan mandiri dan benar.

E. MATERI
PPKn
Menuliskan contoh perilaku hemat energy dan sikap aman dalam penggunaannya.
Bahasa Indonesia
Membuat laporan hasil percobaan.
IPA
  1. Mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi.
  2. Mengenal energi panas dan perubahan bentuk energinya melalui percobaan.

F. PENDEKATAN DAN METODE
     Pendekatan             : Scientific
     Strategi                   : Cooperative Learning
     Teknik                    : Demonstrasi
     Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
1. Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamikan dengan tepuk semangat.
4. Mengkomunikasikan kepada siswa tentang pembelajaran hari ini yaitu Pemanfaatan Energi.
5. Bertanya jawab tentang tema pembelajaran hari ini.



Inti
1.    Siswa secara berpasangan mengamati gambar. Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara detail dan cermat dengan tujuan tertentu (mengamati kegiatan yang dilakukan dan sumber energinya).
2.    Siswa menulis dan mengomunikasikan hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas. Motivasi siswa agar berani mengungkapkan pendapat tanpa harus ditunjuk guru. Ajak siswa dari kelompok lain memberikan pendapat/komentar saat ada siswa lain telah selesai mengomunikasikan hasil pengamatannya sehingga pemahaman siswa akan menjadi lebih lengkap dan mendalam.
3.    Siswa mengamati gambar kegiatan dan menuliskan energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan itu.
4.    Siswa melakukan percobaan, mengamati, dan menuliskan hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa. Untuk melaksanakan pembelajaran ini, guru dapat membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok mengeluarkan peralatan yang dibawa dari rumah atau guru dapat memberikan peralatan tersebut kepada tiap kelompok. Ingatkan siswa untuk dapat berpikir kritis, kerja sama dan mematuhi aturan.
5.    Siswa menuliskan hasil percobaan yang telah dilakukan.
6.    Guru dapat membantu siswa menemukan hal-hal yang perlu diamati dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti:Bagaimana penulisan kata, lambang bilangan, dan tanda baca yang digunakan pada laporan tersebut?Bagaimana merangkaikan antarkalimat dalam tiap paragrafnya?Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah kalimat?Bagaimana membuat kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca? Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan adalah:Ketepatan penulisan huruf, kata, lambang bilangan, serta ketepatan penggunaan tanda baca.Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan suatu maksud sesuai situasi dan kondisi.Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingin disampaikan kepada pembacanya.Kalimat yang baik harus mengandung subjek dan predikat.Adanya keterpaduan antarparagraf.
7.    Siswa mendiskusikan hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
8.    Siswa mendiskusikan sikap apa saja yang harus ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan. Kegiatan diskusi dapat dilakukan pada kelompok kecil dan hasil dari diskusi akan dikomunikasikan di depan kelas dan siswa lain akan mengomentari.
9.    Siswa menganalisis gambar yang ada pada buku tentang sikap hemat energi.
10.              Siswa berdiskusi tentang cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan aman secara berkelompok.
11.              Siswa mengemukan pendapatnya pada kegiatan diskusi kelas yang dibimbing guru. Saat kegiatan diskusi, guru memandu siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya dengan mengucapkan kata-kata pujian yang membangun/positif bila ada siswa yang berani mengungkapkan pendapatnya. Apabila siswa belum berani mengungkapkan pendapatnya, bisa dimulai dengan pendapat yang diberikan oleh guru dan meminta siswa untuk melanjutkannya.


Penutup
1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2. bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari untuk mengetahui hasil ketercapaian materi
3. melakukan penialaian hasil belajar
4. mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
·         Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya, dan sebagainya)
·         Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah selesai kegiatan berdoa, langsung diberi nasihat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.

H. SUMBER DAN MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan sekolah
·         Buku tematik kelas 4
·         Kertas, benang, dan lilin.

I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan. (terlampir)
2. Instrumen Penilaian
            a. Penilaian Proses
                 1) Penilaian kinerja
                 2) Penilaian Produk
            b. Penilaian Hasil Belajar
                 1) Laporan hasil percobaan
                   2) Latihan soal

Mengetahui,                                                                                        Guru Kelas 4,A
Kepala Sekolah



(Marno, S.Pd.B)                                                                        (Levi Angraini, S.Pd.)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar